oleh

4 Hal yang Bisa Bakar Kalori Lebih Efektif

Kabar6-Banyak orang yang merasa heran sekaligus putus asa karena berat badan belum juga mencapai angka ideal. Padahal, mereka sudah melakukan diet, mengurangi porsi makan, minum suplemen, atau olahraga.

Mengapa hal ini bisa terjadi, dan apa yang harus dilakukan? Kondisi seperti itu bisa jadi karena Anda melakukan hal-hal yang bisa menunjang sejumlah pembakaran kalori.

Seorang ahli nutrisi Universitas Stanford, Amerika Serikat, bernama Elaine Magee, MHP, RD, melansir Dreamers, memberikan empat cara yang bisa dilakukan untuk membakar banyak kalori. Apa sajakah itu?

1. Olahraga dengan durasi lebih lama
Penelitian menunjukkan, berolahraga lebih lama dapat meningkatkan laju metabolisme istirahat yang lebih panjang. “Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk berolahraga dan semakin kuat latihannya, semakin banyak kalori yang akan dibakar,” kata Christopher Wharton, PhD, seorang pelatih pribadi bersertifikat dan peneliti di Pusat Kebijakan Pangan dan Obesitas Rudd di Universitas Yale.

2. Konsumsi teh hijau atau teh hitam berkafein
Kafein memberi lebih banyak energi untuk membakar kalori, sekaligus menyebabkan perubahan metabolisme dalam tubuh sehingga lebih banyak kalori yang terbakar.

Studi di Universitas Lausanne, Swiss, menyimpulkan bahwa teh hijau memiliki sifat penghasil panas dan pembakaran kalori. Selain itu, ekstrak teh juga dapat menghambat penyerapan karbohidrat tubuh saat dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan.

3. Makan lebih sering dengan porsi sedikit
Banyak ahli percaya, cara makan lebih sering dengan porsi sedikit akan lebih sehat dan jika dipraktikkan dapat bantu pembakaran ekstra terhadap kalori. Dibandingkan dengan makan satu atau dua kali dalam porsi besar.

Selain itu, jangan lewatkan sarapan. Dalam Journal of American Dietetic Association membuktikan adanya hubungan antara melewatkan sarapan dengan naiknya berat badan. Dalam penelitian ketika orang melewatkan sarapan, mereka cenderung makan lebih banyak kalori di penghujung hari.

4. Pilih produk susu rendah lemak
Penelitian di Denmark menunjukkan, tubuh mungkin akan menyerap lebih sedikit kalori lemak dari makanan saat sedang mengonsumsi kalsium dari produk susu rendah lemak.

Selain itu, pastikan untuk minum delapan gelas air setiap harinya atau dua liter yang dapat membantu membakar kurang lebih 100 kalori ekstra dalam sehari.

Minum air mineral dalam jumlah yang cukup juga berfungsi untuk menjaga usus dan ginjal, serta dapat membantu mencegah rasa lapar. ** Baca juga: 5 Diet Populer yang Disebut Efektif Turunkan Berat Badan

Mudah, bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru