oleh

4 Fakta Tentang Kesepian yang Sebaiknya Anda Ketahui

Kabar6-Rasa kesepian ternyata sangat bergantung pada kualitas hubungan sosial seseorang. Memiliki banyak teman bukanlah suatu jaminan bahwa Anda tidak akan merasa kesepian. Bila Anda tidak memiliki hubungan yang dekat dengan teman-teman tersebut, maka Anda pun dapat merasa kesepian.

Sebuah penelitian, melansir psychologytoday, menemukan bahwa orang yang merasa kesepian cenderung memandang suatu hubungan sosial sebagai sesuatu yang tidak berharga di dalam hidupnya. Berikut adalah beberapa fakta mengenai kesepian:

1. Dapat menular
Tahukah Anda, setiap orang ternyata dapat mendeteksi rasa kesepian yang sedang dialami oleh orang-orang di sekitarnya. Sebuah penelitian menemukan, orang yang merasa kesepian akan menularkan rasa tidak menyenangkan ini ke orang-orang di sekitarnya, sehingga mereka yang merasa kesepian pun akan menjadi lebih banyak.

2. Tingkatkan risiko terjadinya gangguan jantung
Akibat terus menerus tertekan akibat merasa kesepian, menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang tentu saja dapat mengganggu kesehatan jantung.

3. Mudah jatuh sakit
Kesepian juga dapat menyebabkan seseorang merasa stres dan mengganggu daya tahan tubuh. Karena penurunan daya tahan tubuh ini, maka seseorang yang merasa kesepian mudah sekali jatuh sakit. ** Baca juga: Fakta Medis Mengapa Bangun Tidur Suara Jadi Seksi

4. Sama bahayanya dengan merokok
Tahukah Anda bahwa rasa kesepian yang telah berlangsung selama bertahun-tahun ternyata memiliki risiko yang sama besarnya dengan merokok? Sebuah penelitian baru menemukan, kesepian dapat meningkatkan risiko terjadinya kematian dini hingga 14 persen.

Lakukan berbagai kegiatan positif dan perluas pergaulan agar hidup Anda selalu berwarna.(ilj/bbs)

Berita Terbaru