oleh

4 Cara Bayar ‘Utang’ Kurang Tidur

Kabar6-Kurang tidur dapat berdampak serius pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Nah, kapan Anda dikatakan memiliki ‘utang tidur’?

Bila Anda merasa sangat mengantuk untuk bangun atau bila terus merasa mengantuk sepanjang hari, kondisi tersebut menandakan Anda memiliki utang tidur.

Kurang tidur dalam waktu yang singkat biasanya dapat diatasi dengan memastikan Anda cukup tidur selama beberapa hari. Namun, bila utang tidur Anda telah menumpuk selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, maka Anda mungkin akan mengalami dampak tidak menguntungkan dari kebiasaan buruk tersebut.

Lantas, bagaimana cara menebus waktu tidur Anda yang kurang? Melansir About, berikut beberapa cara yang dapat membantu Anda membayar utang tidur:

1. Cobalah perpanjang waktu tidur Anda
Hal ini dapat dicapai dengan tidur lebih pagi atau bangun lebih siang. Hal yang terbaik adalah bila Anda menambahkan waktu tidur secara bertahap hingga memiliki waktu tidur yang cukup.

Matikan alarm, tetapi jangan tidur terlalu lama karena hal ini juga akan membuat Anda sulit tidur di malam hari. Jadi, misalkan Anda hanya membutuhkan waktu sekira delapan jam untuk merasa puas tidur, tetapi Anda malah tidur selama 10 jam, maka kelebihan dua jam ini mau tidak mau akan Anda tebus malam hari.

Artinya, Anda harus tidur lebih malam dua jam untuk memakai kelebihan waktu tidur tadi. Jadi, sebisa mungkin aturlah waktu tidur Anda dan nikmatilah sinar matahari pagi untuk mendapatkan manfaat tambahan lainnya.

2. Tidur siang
Cara lain untuk menebus waktu tidur Anda yang kurang adalah dengan tidur siang. Ya, tidur siang singkat dapat membuat Anda kembali segar, tetapi bila banyak utang tidur yang perlu dibayar, maka Anda mungkin membutuhkan waktu tidur siang yang lebih lama.

3. Tidur lebih lama di akhir pekan
Banyak orang menggunakan teknik yang satu ini untuk menebus waktu tidurnya yang kurang pada hari kerja. Hal ini memang lebih baik daripada tidak sama sekali. Tetapi, hal ini berarti Anda akan mengulang siklus yang sama di minggu depan, yang tentu saja tidak baik bagi kesehatan.

4. Batasi konsumsi kafein
Karena kafein dapat menghambat adenosin, suatu zat kimia yang akan membuat seseorang merasa mengantuk, maka setiap kali Anda baru saja mengonsumsi kopi, teh, atau minuman bersoda, mungkin akan merasa lebih segar.

Tetapi, efek ini biasanya hanya berlangsung singkat. Karena kafein tidak dapat benar-benar mengatasi waktu tidur Anda yang kurang, maka jangan konsumsi kafein secara berlebihan.

Namun bagi Anda yang terus saja merasa tidur tidak pernah cukup, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan seorang dokter ahli. Hal ini karena ada beberapa gangguan kesehatan yang dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda seperti insomnia dan gangguan tidur apnea. ** Baca juga: Pria Pilih ‘Melarikan Diri’ ke Kamar Mandi Saat Hadapi Pasangan yang Sedang Marah

Jadi, bila Anda tetap merasa tidur tidak menyegarkan atau memuaskan walaupun telah berusaha semaksimal mungkin, segera periksakan diri Anda pada dokter.(ilj/bbs)

Berita Terbaru