oleh

4 Cara Atasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

Kabar6-Sakit di bagian tenggorokan terasa sangat mengganggu. Akibatnya jadi sulit makan karena terasa sakit saat menelan. Sebelum pergi ke dokter ataupun menelan obat, ada baiknya Anda mencoba terlebih dulu beberapa cara alami ini.

Beberapa jenis makanan memang dipercaya mampu meredakan bahkan menyembuhkan sakit tenggorokan. Dari mulai air garam, madu, juga buah jeruk. Berikut ini 4 cara atasi sakit tenggorokan secara alami:

1. Kumur air garam
Cara klasik ini diakui ampuh untuk redakan sakit tenggorokan. Garam bekerja sebagai antiseptik, dan juga membantu mengeluarkan dahak. Campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Kumur-kumur, lalu buang airnya. Lakukan sekitar 4 kali sehari. Sebagai alternatif, garam bisa diganti dengan baking soda sebanyak satu setengah sendok teh.

2. Tingkatkan imunitas
Saat banyak orang terjangkit batuk dan pilek, buat pertahanan alami dalam tubuh dengan banyak mengonsumsi makanan bervitamin tinggi. Olah makanan dengan mencampurkan rempah alami agar nutrisi dan aromanya bertambah.

3. Minum madu
Sejak dulu, madu sudah digunakan menjadi obat untuk atasi sakit tenggorokan. Kandungan anti bakteri di dalamnya mempercepat penyembuhan saat tenggorokan sakit. Selain diminum langsung, tambahkan madu ke dalam secangkir air hangat ataupun teh herbal. Bisa juga dengan meracik air hangat, air perasan jeruk lemon, juga madu.

4. Makan buah bervitamin C
Untuk bantu cegah dan meredakan sakit tenggorokan, rutinlah mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, strawberry dan juga kiwi. Vitamin C di dalamnya bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan juga melawan infeksi.(bbs/sak)

Berita Terbaru