oleh

4 Bulan Berjuang Hidup Gara-gara Tersedak Sandwich

Kabar6-Alec Hebblethwaite (14), seorang siswa SMA di Osage, Missouri, harus dilarikan ke UGD rumah sakit di tengah pertandingan sepak bola, setelah tersedak sandwich.

Alec membutuhkan perawatan dokter selama tujuh bulan untuk mengetahui reaksi ekstrem, karena penyakit autoimun langka yaitu esofagitis eosinofilik, yang membuatnya sangat sensitif terhadap makanan bertekstur kasar. Bahkan, makan satu kerupuk bisa menghilangkan nyawanya. Karena itulah pemuda ini hanya bisa mengonsumsi makanan lembut seperti keju dan pasta demi memulihkan kondisinya.

“Itu menakutkan. Melihat anak Anda duduk di ranjang rumah sakit dan tidak bisa menolongnya adalah mimpi terburuk seorang ibu. Itu menakutkan,” kata Kasey Hunter, ibunda Alec.

Setelah tersedak sandwich, melansir Dailymail, Alec dijadwalkan menjalani operasi dua hari kemudian untuk mengobati kerongkongannya. Sayang, rencana itu tertunda setelah dokter menemukan Alec juga mengalami infeksi di dadanya. Penyebab lainnya meliputi tumor di tenggorokan, trauma fisik atau luka pada leher, muntah dan bisul hebat di tenggorokan yang disebabkan oleh penyakit refluks gastroesofagus. Alec masuk ke Unit Perawatan Intensif Pediatrik, di mana dia menggunakan dua tabung ke dada untuk bertindak sebagai saluran pembuangan dan tabung makanan.

Pengobatan utama dokter untuk mengobati kondisi Alec adalah pelebaran. Alec memodifikasi makanannya untuk memasukkan lebih banyak makanan lunak dan tidak dianjurkan makan makanan bertekstur keras.

“Dia makan keju, pasta, burger bubuk dan kentang,” kata Kasey. Makanan seperti kerupuk, keripik dan bahkan roti telah dicoret dari daftar makanannya untuk mengurangi risikonya tersedak dan merusak kerongkongannya. ** Baca juga: Usai Digigit Anjing, Pria Asal Afrika Ini Menggonggong

Alec mengunjungi rumah sakit setidaknya empat kali sebulan untuk memantau kondisinya, juga mulai mengikuti olahraga sepak bola lagi. (ilj/bbs)

Berita Terbaru