oleh

4 Bakteri Baik pada Tubuh

Kabar6-Ada sekira 40 triliun sel bakteri dalam tubuh manusia, yang jika ditimbang bisa mencapai 1-2 kg. Sedangkan sel manusia hanya mencapai 30 triliun saja. Sementara itu tidak sedikit yang mengira bahwa bakteri dapat merugikan manusia, seperti menjadi penyebab datangnya sakit, dan sebagainya.

Faktanya, dari sekian triliun mikroba yang hidup dalam tubuh manusia, hanya sedikit yang mendatangkan kerugian. Mayoritas bakteri dalam tubuh manusia justru membantu jalannya pencernaan, mempertebal pertahanan sistem imun tubuh, dan lainnya. Apa saja jenis bakteri baik pada tubuh manusia? Melansir Go Dok, ada empat bakteri baik yang dimaksud:

1. Lactobacillus Acidophilus
Bakteri baik pada tubuh manusia ini dapat ditemukan pada usus manusia. Bakteri ini menghasilkan lactic acid yang baik bagi kesehatan. Lactobacillus Acidophilus memproduksi enzim lactase yang berfungsi mengubah gula pada susu menjadi lactic acid.

Bakteri yang biasa disebut L. Acidophilus ini dapat membantu menstabilkan level kolesterol. Selain itu, bakteri baik ini juga bermanfaat mencegah diare, mengatasi IBS (Irritable Bowel Syndrome), mencegah infeksi vagina, membantu menurunkan berat badan, meringankan flu, demam, alergi, eczema, dan menyehatkan usus.

2. Bifidobacteria
Seperti halnya L. Acidophilus, Bifidiobacteria hidup di usus manusia. Namun bakteri baik pada tubuh manusia ini juga dapat dikembangbiakkan di luar tubuh manusia. Bifidiobacteria biasanya diproduksi sebagai suplemen kesehatan.

Bifidiobacteria membantu jalannya sistem pencernaan manusia. Bakteri baik ini mencegah terjadinya berbagai permasalahan pencernaan seperti diare, konstipasi, dan mencegah datangnya flu maupun demam.

3. Escherichia Coli
Escherichia Coli atau yang biasa diingkat sebagai E.Coli sendiri sebenarnya merupakan kumpulan dari bakteri-bakteri. Nah, bakteri ini tidak semuanya baik, lho. Sebagian dapat bermanfaat bagi kesehatan, dan sebagian lainnya dapat merugikan tubuh Anda.

E. Coli jahat dapat menyebabkan diare berdarah, sakit perut, gangguan respirasi, infeksi urin, dan pneumonia. Sementara bakteri E. Colibaik dapat membantu kelancaran sistem pencernaan manusia, bersama dengan Bifidobacteria dan L. Acidophilus. Jenis E. Coli yang terbukti baik bagi tubuh antara lain E. Coli HS, UTI89, dan CFT073.

4. Streptococcus Thermophilus
Selain di usus, Streptococcus juga dapat ditemukan di bagian mulut manusia. Bakteri ini dapat merugikan dan bermanfaat bagi tubuh, seperti halnya bakteri E. Coli. Streptococcus jahat merupakan penyebab utama Streptococcus Infection yang ditandai dengan sakit tenggorokan, demam, infeksi kulit, dan toxic shock syndrome.
Bakteri Streptococcus baik bisa sangat membantu pencernaan susu oleh tubuh, terutama bagi mereka yang intoleran terhadap lactose. Streptococcus baik juga bermanfaat untuk menguatkan sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan colon.

Pada beberapa kasus, bakteri ini juga dapat menurunkan risiko kanker colon. Streptococcus Thermophilius juga membantu melindungi jaringan usus pada proses kemoterapi. Karena manfaatnya yang besar, penderita kemoterapi seringkali diberikan tambahan Streptococcus Thermophilius lewat suplemen oral. ** Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru