oleh

38,75 Persen Desa di Banten Belum Punya PJU

image_pdfimage_print

Kabar6- Sebanyak 601 desa (38,75 persen) dari 1.551 desa dan kelurahan yang ada di Provinsi Banten belum memiliki Penerangan Jalan Umum (PJU). Dan daerah  yang terbanyak berada di wilayah Banten Selatan.

“Sebanyak 38,75 persen desa dan kelurahan di Banten belum memiliki penerangan jalan utama. Karena masih banyaknya jalan desa yang belum diterangi PJU, sehingga jalanan tersebut hanya mengandalkan penerangan dari rumah penduduk sekitar,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Banten, Syech Suhaimi, dalam pesan singkatnya, Sabtu, (07/03/2015).

Sedangkan sebanyak 716 desa dan kelurahan penerangannya bersumber dari listrik pemerintah, dan sebanyak 234 desa dan kelurahan disediakan oleh non pemerintah. “Secara persentase desa dan kelurahan yang sudah memiliki penerangan di jalan utama adalah 61,25 persen. Sekitar 24,63 persen masyarakat tidak menggunakan listrik PLN,” terangnya.

Dikatakan Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan merupakan wilayah yang desa dan kelurahannyanya telah diterangi PJU. Desa dan kelurahan terbanyak yang belum memiliki PJU berada di wilayah Banten Selatan, dari 339 desa dan kelurahan di Kabupaten Lebak dan 197nya tidak memiliki PJU. “Artinya hanya 142 desa dan kelurahan yang sudah memiliki PJU. Jadi lebih dari 50 persennya tidak memiliki PJU,” tegasnya.(tmn/din)

Print Friendly, PDF & Email