oleh

353 PNS Kabupaten Tangerang di Tes Urine Mendadak

Kabar6-Sebanyak 353 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Eselon IV di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, menjalani tes urine, Selasa (Selasa (8/12/2015).

Selain tes urine, para PNS juga diberi penyuluhan tentang bahaya narkoba. Kegiatan itu digelar di Gedung Serba Guna (GSG), kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang.

Ketua BNK Kabupaten Tangerang, Dedi Sutardi mengatakan, tes urine serupa akan dilakukan secara bertahap dijajaran Pemkab Tangerang.

“Cenderung setiap tahun narkoba ini menjadi masalah krusial dan bahaya yang serius di berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Dedi yang juga menjabat sebagai Kepala Inspektorat Kabupaten Tangerang itu menyebut, peningkatan penyalahgunaan narkoba bahkan merambah ke semua lapisan dan tempat.

“Dengan tes urine ini, Kabupaten Tangerang akan benar bersih dari penggunaan narkoba yang diwakili dengan para aparatur Pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Tangerang, Iskandar Mirsyad mengatakan, sedianya pelaksanaan tes urine itu dilakukan mendadak dan tidak diketahui oleh PNS.

“Pada agenda ini, PNS tidak tahu adanya tes urine. Karena kita hanya menginformasikan bila kegiatan ini hanya penyuluhan tentang narkoba,” ungkapnya.

Iskandar menjelaskan, tes urine kali ini tidak melibatkan seluruh PNS eselon IV. Dari total 1.050 PNS eselon IV, saat ini ada 353 yang menjalani tes urine. 

“Kita akan lakukan tes secara bertahap. Sistemnya dilakukan mendadak dan tidak diduga-duga. Apabila ada PNS yang memang positif memakai narkotika, tentu akan ditindak sesuai aturan dengan sanksi terbesar dicopot jabatan (non-job),” pungkasnya.(shy)

Berita Terbaru