oleh

33,162 KK di Kabupaten Tangerang Belum Punya MCK

Kabar6-Sebanyak 33.162 kepala keluarga di kabupaten Tangerang belum memiliki fasilitas mandi cuci kakus (MCK). Masyarakat itu masih buang air besar di kebun ataupun ke sungai.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Sri Indriyani mengatakan, berdasarkan hasil survei dari total KK sebanyak 722.092 KK hanya 688.930 KK yang sudah memiliki MCK.

“Coba bayangkan, sebanyak 33,162 KK yang belum memiliki MCK. Per KK saja ada berapa jiwa. Ini yang membuat pola hidup tidak sehat, dan salah satu penyebab stunting,” katanya, Rabu (29/6/2022).

Menurut Sri, dari total 28 kelurahan dan 246 desa di Kabupaten Tangerang, hanya 21 desa dan kelurahan yang terbebas dari buang air besar dan kecil sembarangan. Sisanya buang hajat di kebun atau sungai.

Bahkan di wilayah Kelurahan/Kecamatan Tigaraksa yang lokasinya dekat pusat Pemerintah Kabupaten Tangerang saja masih ada warganya yang tidak memiliki MCK.

Oleh karena itu, lanjut Sri, pihaknya terus berupaya dan gencar mensosialisasikan kepada masyarakat agar memiliki MCL sehingga tidak membuang air di sungai ataupun kebun.

**Baca juga: Segel Tiga Outlet, Sekda Kabupaten Tangerang: Holywings Bikin Gaduh

Menurut Sri, selain membuat pemandangan lingkungan tidak sedap, buang air sembarangan juga berpotensi dapat menganggu kesehatan masyarakat.

“Kami terus berupaya mensosialisasikan agar masyarakat mau membuat MCK. Karena akan berbahaya untuk kesehatan apabila dibiarkan,” ujarnya.(Rez)