oleh

310 Koperasi di Tangsel dalam Kondisi Sakit

Kabar6-Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melansir bahwa ratusan soko guru perekonomian kondisinya memprihatinkan atau sakit.

Seluruh pengurus juga diminta untuk segera menyerahkan dan menghadiri rapat pertanggungjawaban.

Demikian disampaikan saat peringatan HUT Koperasi ke-65 di Serpong, Kamis (13/9/2012). “Sampai sekarang baru ada 89 koperasi yang sering menyelenggarakan RAT (Rapat Anggota Tahunan),” ungkap Nurdin.

Nurdin menjelaskan, pada tahun 2011 lalu jumlah koperasi yang ada di Kota Tangsel mencapai 399 unit. Memasuki tahun 2012 per Agustus kemarin jumlah koperasi yang mendaftarkan ke pihaknya bertambah menjadi 436.

Sedangkan koperasi yang rutin menggelar RAT hanya ada 89 sedangkan sisanya sebanyak 310 tak jelas.Adanya kegiatan RAT, sambung Nurdin, dapat menggambarkan bahwa kondisi koperasi sehat.

Apalagi telah ada payung hukum dengan mengacu pada Undang-undang Nomor 25 Tahun  1992 tentang Perkoperasian. RAT merupakan saat yang penting untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus kepada para anggota koperasi.

“Saya minta kedepannya seluruh pengurus koperasi mau menyampaikan laporan pertanggungjawaban lewat RAT,” pintanya.

Mantan Kepala Dishubkominfo setempat ini menguraikan, padahak koperasi memiliki arti penting. Dari program yang ada bisa menjadi pilar peningkatan ekonomi.

Ditambah lagi dengan dukungan dan perhatian yang telah diberikan oleh pemerintah daerah terhadap perkembangan koperasi.

Pemerintah daerah setiap tahunnya melalui APBD terus mengucurkan program bantuan riil kepada para pelaku usaha yang tergabung dalam koperasi. Yakni memberikan bantuan modal usaha berupa seperangkat alat untuk berwirausaha.

Jika masyarakat bersungguh-sungguh dalam memanfaatkan dengan baik dan benar. Keberadaan koperasi mempuyai out put karena yang bermuara pada ekonomi kerakyatan pasti tujuan keberadaannya tak akan sia-sia.

“Kita harus berikan aplaus kepada ibu Walikota yang telah memberikan perhatian terhadap perkembangan koperasi,” katanya.(yud)

Berita Terbaru