Home / Aneka Berita / Sehat / 3 Zat Berbahaya Dalam Rokok Elektrik
Ilustrasi/bbs

3 Zat Berbahaya Dalam Rokok Elektrik

Kabar6-Rokok elektrik adalah salah satu jenis dari penghantar nikotin elektronik. Rokok jenis ini dirancang untuk membantu pecandu rokok tembakau mulai berhenti merokok. Dengan beralih dari rokok tembakau ke rokok elektrik, secara perlahan mereka belajar untuk berhenti merokok.

Pada rokok elektrik, terdapat suatu tabung yang berisi larutan cair yang dapat diisi ulang. Sebagian perusahaan pembuat rokok elektrik bahkan menjual cairan dengan berbagai rasa mulai dari rasa mint, karamel, buah-buahan, kopi, atau cokelat.

Namun tahukah Anda, melansir dokter.id, rokok elektrik ini ternyata juga mengandung berbagai zat berbahaya seperti halnya rokok tembakau biasa? Apa sajakah itu?

1. Nikotin
Merupakan zat yang terdapat pada daun tembakau. Nikotin berfungsi sebagai obat perangsang yang juga memberikan efek candu. Itulah sebabnya banyak perokok yang sulit berhenti merokok.

2. Propilen Glikol
Propilen glikol merupakan cairan organik yang tidak berbau dan tidak berwarna, namun memiliki rasa agak manis. FDA atau Lembaga Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat telah menyatakan bahwa senyawa ini aman jika digunakan dalam kadar rendah.

3. Gliserin
Merupakan cairan kental yang tidak berbau dan tidak berwarna. Cairan ini sering digunakan saat proses pembuatan obat. Cairan manis yang dianggap tidak beracun ini sering pula dipakai dalam industri makanan. Gliserin berfungsi sebagai pengantar rasa dan nikotin dalam penggunaan rokok elektronik. ** Baca juga: Saat Malam Hari, Ini Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Jadi, pilihan ada di tangan Anda.(ilj/bbs)

Check Also

Yuk, Mulai Kurangi Dengar Musik Lewat Earphone

Kabar6-Demi privasi, banyak orang memaki earphone untuk mendengar musik, sambil beraktivitas. Diketahui, telinga manusia memiliki ...