oleh

3 Pemicu Wanita Gagal Berdiet

Kabar6-Tidak sedikit wanita yang gagal menjalankan program diet, karena berbagai alasan. Akibatnya, selain berat badan menjadi lebih tak terkendali, Anda pun makin malas berdiet.

Apa sih yang menyebabkan wanita gagal berdiet? Melansir tempo.co, ada tiga pemicu perempuan gagal dalam diet. Ketiga penyebab itu berujung kepada pola pikir dan niat. Pemicu pertama yang diungkapkannya adalah adanya gangguan makan atau eating disorder. Ketiga gangguan makan ini terjadi karena ada konflik tubuh dan makanan, sehingga menyulitkan wanita menjaga berat badan.

Pemicu kedua adalah kesalahan niat. Kebanyakan pelaku diet menjalani program penurunan berat badan karena faktor eksternal, misalnya permintaan orangtua atau pasangan.

Niat tersebut lantas diikuti rasa marah dalam diri. Dalam jangka waktu pendek, diet berhasil dengan cepat. Namun, diet itu tidak akan bertahan lama karena orang diet dalam kondisi marah akan membuang banyak energi. Begitu kelelahan, dia akan menyerah dan mencari pembenaran untuk menghentikan rasa marahnya.

Selanjutnya pemicu ketiga, adanya rasa marah dari diri sendiri. Sesuatu yang diawali dengan rasa marah semakin menjauh dari pola makan teratur dan berisiko mengalami gangguan makan.

Solusi sehat untuk menghindari ketiga hal tadi adalah dengan bertanya kepada diri sendiri, apa yang kita inginkan dan raih. Kemudian tambahkan formula mencintai dan menghargai diri sendiri. Setiap orang harus bisa melihat dirinya berharga. ** Baca juga: 8 Rempah-rempah yang Bisa Digunakan untuk Diet

Pemikiran-pemikiran tersebut tidak akan mengacaukan pola makan yang sehat, dan terhindar dari diet yoyo. Termasuk juga mencegah terjadinya gangguan makan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru