oleh

3 Mitos Seputar Olahraga yang Kurang Tepat

Kabar6-Memiliki tubuh sehat bisa didapatkan melalui pola hidup yang sehat dan seimbang, mulai dari menjaga makanan dan melakukan olahraga yang teratur. Ada beberapa mitos tentang olahraga yang belum diketahui kebenarannya, sehingga seringkali mengacaukan hasil latihan yang Anda lakukan. Melansir dokter.id, ini tiga mitos seputar olahraga yang kurang tepat:

1. Kardio terlebih dulu, baru latihan beban
Pada saat berolahraga, dikatakan harus melakukan latihan kardio terlebih dahulu baru melakukan latihan angkat beban. Dengan anggapan, latihan kardio terlebih dulu dilakukan agar lemak bisa dibakar kemudian baru membentuk otot.

Benarkah demikian? Ternyata latihan kardio selama 30-45 menit hanya membakar gula darah, sedangkan latihan beban setelah kardio juga membutuhkan gula darah. Apabila melakukan ini maka Anda akan merasa lemas dan kurang tenaga saat latihan beban.

Alhasil, tubuh akan mengambil energi dari protein untuk menggantikan gula darah yang habis saat kardio di awal latihan, dan protein tersebut akan diambil dari otot Anda!

Jadi sebaiknya, lakukan latihan beban terlebih dulu baru kardio. Cara ini akan membuat tubuh Anda membakar lemak lebih efisien. Jika Anda merasa lapar saat 10-15 menit pertama kardio, teruskanlah karena itu tandanya tubuh Anda mulai membakar lemak.

2. Makin banyak keringat, makin banyak lemak dibakar
Keringat diproduksi oleh kelenjar-kelenjar di bawah kulit yang berfungsi menjaga suhu tubuh dan bukan menjadi patokan berapa banyak lemak yang dibakar. Dengan kata lain, keringat bukan menjadi ukuran berapa banyak lemak yang dibakar.

3. Sit up untuk melangsingkan perut buncit
Sit up adalah latihan untuk melatih otot perut, bukan untuk membakar lemak di perut. Otot dan lemak adalah dua hal yang berbeda. Ironisnya, sit up ratusan kali pun tidak akan membakar lemak di perut Anda. ** Baca juga: 8 Makanan yang Bantu Pangkas Lemak di Perut

Jadi, terapkan pola makan tinggi protein dan rendah kalori serta diimbangi kombinasi latihan beban dan kardio adalah cara terbaik untuk membantu membakar lemak, termasuk di perut Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru