oleh

3 Kebiasaan Buruk yang Bisa Rusak Mata

Kabar6-Mata adalah salah satu panca indera yang sangat penting. Melalui mata, kita bisa melihat dunia dan seisinya. Karena itulah penting untuk selalu menjaga kesehatan mata.

Seiring usia, fungsi mata pun menjadi berkurang. Di sisi lain, tidak sedikit remaja yang sudah harus menggunakan alat bantu seperti kacamata. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk yang membuat penurunan kinerja mata menjadi lebih cepat dari pada waktu seharusnya.

Apa saja sih kebisaan buruk yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan mata? Dilansir dari beberapa sumber, berikut tiga kebiasaan yang dimaksud:

1. Nonton TV malam hari
Pada dasarnya tidak hanya melihat TV saja yang dapat merusak kesehatan mata. Jika Anda terbiasa melihat TV, handphone, atau komputer sebelum tidur dengan pencahayaan yang kurang atau di tempat yang gelap, sudah bisa dipastikan kesehatan mata terganggu. Demikian pula dengan membaca sambil tiduran atau membaca dengan pencahayaan yang sangat minim.

2. Mengucek mata
Kebiasaan ini sering dilakukan oleh hampir semua orang. Saat mata terkena debu dan akhirnya terasa gatal, secara reflek Anda akan mengucek mata dengan tangan. Padahal diketahui, mengucek mata dapat merusak lapisan kornea mata dan mengganggu pembuluh darah yang terdapat pada mata. Untuk menghindari hal ini gunakan obat tetes mata saat indera penglihatan Anda mulai terasa gatal.

3. Tidur masih gunakan lensa kontak
Penggunaan dan perawatan lensa kontak yang salah bisa berakibat fatal pada kesehatan mata. Tidak sedikit orang yang harus pergi ke dokter karena mata terinfeksi akibat dari lensa kontak yang dikenakan. Oleh karena itu jangan sampai lupa untuk melepas lensa kontak sebelum tidur, dan jagalah kebersihan lensa kontak Anda. ** Baca juga: Apa Sih Manfaat Kafein untuk Kesehatan?

Yuk, tinggalkan tiga kebiasaan buruk tadi agar mata senantiasa sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru