oleh

28 Kecamatan di Lebak Rawan Banjir, Longsor dan Puting Beliung

Kabar6-Menghadapi musim penghujan, 28 kecamatan di Kabupaten Lebak dalam kategori rawan terjadi bencana banjir, longsor dan puting beliung.

“Beberapa wilayah secara periodik selalu mengalami bencana banjir dan longsor jika memasuki musim hujan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Kaprawi, Selasa (19/11/2019).

Daerah rawan banjir terdapat di 16 kecamatan meliputi Kecamatan Rangkasbitung, Kalanganyar, Warunggunung, Cibadak, Maja, Curugbitung, Panggarangan, Bayah, Sobang, Banjarsari, Muncang, Cilograng, Gunungkencana, Cijaku, Cileles, dan Cihara.

“Yang sangat perlu kita waspadai adalah banjir bandang, seperti yang terjadi di Kali Cisimeut beberapa waktu lalu,” ujar Kaprawi.**Baca Juga: Banjir Bandang di Kali Cisimeut, Satu Mobil Hanyut Terbawa Arus.

Sedangkan, bencana longsor rawan terjadi di Kecamatan Sobang, Lebakgedong, Cigemblong, Bojongmanik, Cibeber, Bayah, Muncang, Cipanas, Cileles, Cimarga, Cikulur dan Leuwidamar.”Waspadai, longsor terjadi dari hujan yang sangat lebat.”

Kemudian bencana puting beliung rawan terjadi di Kecamatan Rangkasbitung, Warunggunung, Cibadak, Banjarsari, Kalanganyar, Cimarga, Leuwidamar, Muncang, Cileles, Wanasalam, Malingping, dan Gunungkencana.

“Potensinya terjadi antara jam 2 siang sampai 5 sore. Hujan lebat dan angin kencang yang sampai merusak rumah warga juga sudah terjadi di Gunungkencana dan Muncang,” sebutnya.

“Saya imbau warga mewaspadai juga hujan lebat disertai petir, jangan berada di tengah lapang atau di bawah pohon besar saat hujan,” harap Kaprawi.(Nda)

Berita Terbaru