oleh

24 SMPN di Kota Tangerang Cuma Cover 8-10 Ribu Siswa

Kabar6-Sebanyak 24 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Tangerang, kiranya hanya mampu menampung sekitar delapan hingga 10 ribu siswa saja.

 

Ternyata, jumlah tersebut tak sebanding dengan angka kelulusan siswa Sekolah Dasar (SD), pada tahun ini, Senin (18/5/2015).

 

Kepala Bidang SD dan SMP Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin, mengungkapkan bahwa di tahun ini pihaknya mencatat ada sebanyak 28.866 siswa SD dari 469, yang mengikuti Ujian Sekolah (US). Jumlah itu pun, kata dia, belum ditambah dari 102 Madrasah Ibtidaiyah (MI), yakni sebanyak 2600 siswa.

 

“Jadi keseluruhannya ada 31.466 siswa. Artinya, kalau yang bisa tertampung hanya sekitar delapan ribu, sisanya harus ke SMP swasta,” ungkap dia. ** Baca juga: Tampil di Pilkada Banten, Golkar & PPP Tuntaskan Konflik Internal

 

Kendati demikian, tegas Jamaludin, masyarakat tidak perlu khawatir jika calon siswa tidak masuk sekolah negeri, karena jumlah sekolah swasta di Kota Tangerang yang ada sangat banyak.

 

“Ada 160 SMP swasta, ditambah Sanawiyah ada 56 sekolah, dan tiga di antaranya adalah sekolah negeri,” tukasnya.

 

Dia menambahkan, selain di sekolah swasta, beberapa warga pun dipastikan ada yang memilih sekolah di luar Kota Tangerang, terutama yang tinggal diperbatasan.

 

“Angka 20 ribu siswa yang tidak tertampung di negeri bisa ke mana saja. Warga kawasan Poris atau Kreo biasanya ke Jakarta Barat atau Selatan. Yang di Regency Pinang bisa ke Tangsel. Bisa juga yang mau melanjutkan ke pesantren. Tapi jumlahnya kemungkinan hanya 10 persen,” pungkasnya. (ges)

Berita Terbaru