oleh

211 Koperasi Pasif di Tangsel Terancam Ditutup

Kabar6-Ratusan koperasi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang tidak aktif dan produktif akan ditutup. Setelah ditegur melalui surat tertulis, publik dapat mengetahui koperasi yang telah tutup melalui pengumunan secara resmi.

“Ada 211 koperasi yang tergolong tidak aktif di Kota Tangsel. 211 koperasi ini dinilai non aktif lantaran tidak ada aktivitas dari para anggotanya,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Nurdin Marzuki, Kamis (11/7/2013).

Nurdin menjelaskan, ratusan koperasi itu sudah berdiri sebelum Kota Tangsel dimekarkan melalui otonomi daerah. Jika tidak ada langkah pembenahan makan pihaknya akan mencabut izin dari koperasi tersebut dan diumumkan melalui media.

“Kita umumkan juga bahwa koperasi tersebut sudah tidak aktif dan dicabut izinnya. Kita umumkan melalui media dan sarana informasi lainnya,” paparnya.

Tindakan tersebut dilakukan Dinas Koperasi dan UKM agar tidak terjadi penyelewengan kewenangan yang dilakuakan oleh koperasi. Pasalnya, banyak laporan dari masyarakat bahwa di Kota Tangsel banyak koperasi jadi sarang rentenir.

Hal ini dikhawatirkan terjadi pada koperasi yang sudah tergolong tidak aktif. “Jangan sampai koperasi tak aktif ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak untuk kepentingan sepihak,” paparnya.

Saat ini, pihaknya juga sedang memantau koperasi yang belum terdaftar di Kota Tangsel. Dari data yang diperolehnya, ada sekitar 41 koperasi yang belum terdaftar. Dari 41 koperasi tersebut, menurut Nurdin, tergolong aktif, tapi belum terdaftar dan berbadan hukum tetap.

“ini juga sedang kita antisipasi. Banyak koperasi yang tidak terdaftar namun sudah ada aktivitasnya di Kota Tangsel,” katanya.

Dari data yang diperoleh, sampai 2013 ini tercatat ada 453 koperasi yang ada di Kota Tangsel. Jumlahnya 242 koperasi tergolong aktif. sedangkan 211 koperasi dalam kondisi non aktif.

Hingga kini, jumlah koperasi di Kota Tangsel terus mengalami peningkatan. Pada 2012, jumlah koperasi di Kota Tangsel sebanyak 432 unit yang terdiri dari 219 koperasi aktif dan 213 koperasi non aktif. Sedangkan di tahun 2011, tercatat koperasi di Tangsel 407 dengan 177 koperasi aktif dan 230 koperasi non aktif.

“Jika dilihat data per tahun, jumlah rate jumlah koperasi di Kota Tangsel mengalami peningkatan. Angka itu sangat baik untuk perkembangan koperasi di Kota Tangsel,” kata Nurdin.(yud)

Berita Terbaru