oleh

21-27 September Pendaftaran Panwaslu Kecamatan, Bawaslu Lebak: ASN Boleh Daftar Asal Kantongi Izin Atasan

Kabar6-Pendaftaran calon anggota panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) kecamatan Pemilu 2024 akan dimulai 21 sampai 27 September 2022.

Berkas pendaftaran calon anggota kemudian akan diteliti kelengkapannya pada 28-30 September.

“Kelengkapan berkas, keabsahan dokumen pendaftaran dan persyaratan pendaftaran yang nantinya akan diteliti,” kata anggota Bawaslu Lebak yang juga Ketua Pokja Rekrutmen Panwaslu Kecamatan, Deni Wahyudin, kepada Kabar6.com, Senin (19/9/2022).

Pelamar akan dinyatakan lulus administrasi jika seluruh item dalam kelengkapan berkas pendaftaran yang diteliti dianggap sudah terpenuhi.

“Jadi kalau ada item-item yang kurang dari hasil penelitian maka tentu dinyatakan tidak lolos,” ujar Deni.

Formulir pendaftaran dapat diunduh di lebakkab.bawaslulebak.go.id atau datang langsung ke kantor Bawaslu Lebak, di Rangkasbitung Timur.

Deni menerangkan, tidak ada larangan bagi aparatur sipil negara (ASN) yang ingin melamar menjadi pengawas Pemilu adhoc.

“Boleh (ASN) mendaftar asal harus mendapat izin dari atasan langsung. Misalnya kalau dia guru ya dapat izin dari kepala sekolah, atau kalau dia pegawai di dinas dari kepala dinas atau sekda,” papar Deni.

Pelamar yang pernah menjadi anggota partai politik harus dibuktikan dengan surat pengunduran diri dan tidak terdaftar dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Menunjukkan surat pengunduran diri dari keanggotaan parpol, keterangan sudah melakukan mengundurkan diri lebih dari 5 tahun,” ucap Deni.

**Baca juga: Hadir di Kongres Pokja Wartawan, Iti Bicara Penting Kolaborasi Pentahelix dalam Pola Pembangunan

Setelah dinyatakan lolos administrasi, calon anggota panwaslu kecamatan akan menjalani tes tertulis dan wawancara. Pokja juga akan membuka ruang tanggapan dan masukan dari masyarakat mengenai para calon pengawas tersebut.

“Pelantikan dan pembekalan anggota panwaslu akan dilaksanakan pada tanggal 26-28 Oktober 2022,” katanya.(Nda)