oleh

2020 Pilkada Serentak di 4 Wilayah Banten, Jadikan Pemilu Kemarin Pelajaran

image_pdfimage_print

Kabar6-Komisi Pemilihan Umun (KPU) Banten meminta KPU kabupaten/kota untuk menjadikan proses tahapan Pemilu 2019 sebagai acuan pilkada 2020.

Diketahui, pada 2020 mendatang terdapat empat daerah di Banten yang akan menyelenggarakan pilkada. Keempat kabupaten/kota itu yakni, Kota Cilegon, Kota Tangsel, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang.

Dikatakan Wahyul, setidaknya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh KPU kabupaten/kota. Pertama, angka partisipasi pemilih.

“Yang kita tahu kan angka partisipasi pemilih di Banten pada pemilu kemarin kan naik sampai di angka 70 persenan. Itu harus dipertahankan,” kata Wahyul, Minggu (28/7/2019).

Kedua, lanjut Wahyul, KPU kabupaten/kota harus menutup celah baik terkait sosialisasi dan daftar pemilih tetap (DPT). “Celah-celah itu harus diperhatikan sama teman-temen kabupaten/kota,” katanya.

Menurut Wahyul, secara umum persiapan pilkada 2020 di empat kabupaten/kota siap dilaksanakan.

“Beberapa hari lalu juga sudah kita kumpulkan teman-teman untuk melakukan pemantapan. Prinsipnya tahapan yang dimulai 23 September sudah siap dilakukan,” ujarnya.

**Baca juga: PKK Kota Tangerang Ajak Masyarakat Lakukan Pola Hidup Sehat.

Ia juga mengaku KPU Banten tetap akan melakukan monitoring pelaksanaan pilkada di empat daerah di Banten.

“Tetap monitor. Dan dalam waktu dekat ini kita akan melakukan rapat koordinasi (rakor) pilkada serentak 2020,” katanya.(Den)

Print Friendly, PDF & Email