oleh

2020, Pemkab Tangerang Bakal Operasikan Sentra Otomotif Terbesar di Banten

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Perusahan Daerah (PD) Pasar Niaga Kertaraharja saat ini sedang menunggu memorandum of understanding (Mou) pembangunan pasar otomotif di Kecamatan Balaraja.

Pembangunan pasar khusus onderdil otomotif motor dan mobil itu direncanakan sudah beroperasi pada tahun 2020 mendatang.

Direktur PD Pasar Niaga Kertarahaja Jamaludin mengatakan, Pemkab Tangerang sudah lama merencanakan akan membangun pasar khusus toko onderdil otomotif terbesar di Provinsi Banten.

Rencana itu, baru bisa terhujud pada 2020 mendatang setelah pada tahun ini sudah ada beberapa investor yang siap untuk kerjasama.

“Investornya sudah siap, tinggal menunggu Mou. Ditargetkan, pada 2020 pasar khusus ondordil otomotif sudah beroperasi,” kata Jamaludin kepada wartawan melalui telepon, Selasa (21/5/2019).

Untuk mencapai target pengoperasian pasar onderdil otomotif itu. Kata Jamaludin, Pihaknya sudah meyelesaikan Detail Engineering Design (DED), dan meyiapkan lahan seluas hampir satu hektare di samping pasar sentiong, Kecamatan Balarja.

“Lahan dan DED Pasar onderdil otomotif sudah beres, tinggal proses pembangunan fisik,” ungkapnya.

Jamaludin menjelaskan, bahwa di pasar itu selain akan menjual onderdil otomotif juga akan menjual aksesoris kendaraan. Selain itu, kendaraan baru dan bekas akan dipamerkan di pasar tersebut setiap bulannya.

Detilnya, kata Jamaludin, pasar ondordil otomotif itu akan sama dengan Pasar Senin di Jakarta.

Sedangkan konsep pameran kendaraan, akan disamakan dengan yang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD Grand Boulevard, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

“Jadi bagi warga Banten yang mencari onderdil kendaraannya, atau melihat kendaraan baru dan bekas. Nantinya, cukup datang ke Pasar onderdil otomotif Balarja,” jelasnya.

Jamaludin menambahkan, respon masyarakat khususnya Kabupaten Tangerang dengan rencana pembangunan pasar khusus onderdil otomitif itu sangat tinggi.

Hal itu terbukti, berdasarkan data terakhir PD Pasar Niaga Kertarahaja, sudah hampir 400 orang melakukan pendaftaran untuk mengisi kios pasar onderdil otomotif tersebut.

“Banyak yang sudah mendaftar. Ini tanggapan baik tentunya,” tutupnya.

**Baca juga: Keganjilan Suket Sehat Caleg PKB, KIPP Layangkan 2 Bundel Berkas ke RSUD Balaraja.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Sumardi merespon baik dengan rencana Pemkab Tangerang melalui PD Pasar Niaga Kertaraharja yang akan membangun pasar khusus toko ondordil terbesar di Provinsi Banten.

Sumardi yakin, pasar onderdil itu akan berkontribusi menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) baik dari segi distribusi pajak parkir dan sewa kios.

“Pada dasarnya, DPRD mendukung rencana pembangunan yang tentu bisa mendatangkan PAD,” pungkasnya. (Vee)

Berita Terbaru