oleh

2020, Pembangunan Stadion Internasional Banten Dimulai

image_pdfimage_print

Kabar6–Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Banten, Trias Utami mengatakan pembangunan fisik stadion atau sport center Banten akan dimulai pada 2020 mendatang. “Masih proses lelang. Jadi yang akan dibuat pertama itu memang stadion yah,” katanya, Rabu 13/11/2019.

Saat ini, kata Trias, telah dilakukan konsultasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Banten terkait konsep pembangunan bangunan pendukung sport center seperu venue dan fasilitas lainnya.

Pembangunan sport center yang berada di Kampung Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang ini akan dimulai dengan pembuatan stadion utama dengan anggaran sebesar Rp 900 miliar yang bersumber dari APBD Banten.

Nantinya, stadion utama yang akan dibangun sesuai dengan standar internasional dengna kapasitas sebanyak 30 ribu penonton.

Trias mengatakan sport center ini nanti bisa digunakan untuk event olahraga berskala nasional maupun internasional seperti Piala Dunia U-19, PON (Pekan Olahraga Nasional) 2020 di Papua, dan saya juga belum cek PON 2024 dimana, lalu 2028 dimana.”

Untuk itu, kata dia, soal pembiayaan masih dipertimbangkan bisa dari swasta atau pemerintah pusat sehingga nantinya tidak mengandalkan APBD Banten.

**Baca juga: Densus 88 Tangkap Empat Terduga Teroris di Banten, Terkait Bom Medan?.

Trias juga mengaku hingga saat ini banyak pihak swasta yang juga berminat untuk membangun vanue-vanue pendukung. “Yang minat banyak, kaya dari Tiongkok juga ada. Tapi, kita harus yakin apakah bener mau bangun,” katanya.

Lebih lanjut, menurut Trias, untuk pembangunan stadion utama sport center diperkirakan akan selesai pada 2021 mendatang. “Minta doanya semoga pembangunannya lancar,” ujarnya. (Den)

Print Friendly, PDF & Email