oleh

2017 Beroperasi, Tol Trans Sumatera Terintegrasi dengan Tol Tamer

image_pdfimage_print
Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Tol Trans Sumatera yang dikelola oleh PT Marga Mandala Sakti (MMS), akan didukung oleh perluasan Tol Tangerang-Merak.

Direktur Teknik dan Operasi PT MMS Sunarto Sastro Wiyoto mengatakan, Tol Trans Sumatera merupakan salahsatu infrastruktur utama penunjang ekonomi di Sumatera.

“Menambah lajur, awalnya dari tiga menjadi empat lajur. Akan ditambah jika sudah mencapai 80 persen kapasitas jalan,” ungkap Sunarto, Minggu (25/12/2016).

Perluasan jalan tol ini pun diharapkan dapat mengurangi kepadatan kendaraan. Apalagi, saat puncak mudik dan libur panjang seperti saat Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru jalan tol kerap dipadati oleh kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak.

“Rencananya akan dimulai tahun depan, mulai Bitung-Cikupa. Tahun berikutnya Cikupa-Balaraja,” tegasnya.**Baca juga: Curi Motor Saat Dzikir Akbar, Suryana Nyaris Dibakar Warga Cilegon.

Jalan tol Trans Sumatera akan dibangun sejak Aceh hingga Lampung dengan panjang jalan mencapai dua ribu kilometer.**Baca juga: Dua Wisatawan Asal Jakarta Terseret Ombak Pantai Carita.

Sementara, beberapa ruas jalan Tol Trans Sumatera diharapkan bisa mulai beroperasi pada 2017 mendatang. Seperti Medan-Binjai sepanjang 17 kilometer, Palembang-Indralaya 22 kilometer, Bakauheni-Terbanggi 140 kilometer.(tmn)

Print Friendly, PDF & Email