oleh

2014-2015, Sembilan Badak Bercula Satu Lahir di Banten

image_pdfimage_print

Kabar6-Sembilan ekor badak lahir sepanjang tahun 2014-2015. Tiga ekor badak lahir di bulan Mei, April dan Juni 2015, sedangkan enam ekor lainnya lahir pada 2014.

 

Sembilan anak Badak Jawa itu, diberikan nama Musafa, Ratu Ayu, Baskara, Bintang, Bayu, Rislan, Lestari, Melati dan Erna.

 

“Sengaja kita lakukan penamaan badak pada momen hari badak dunia tahun ini. Nama tersebut diusulkan oleh para Muspida (Musyawarah Pimpinan Daerah) Kabupaten Pandeglang,” kata Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), di Kabupaten Pandeglang, Banten, Mohamad Haryono, Rabu (23/09/2015).

 

Pemberian nama tersebut berguna untuk mempermudah petugas melakukan monitoring. Karena, populasi badak yang berada di TNUK saat ini hanya ada 60 ekor.

 

Jumlah tersebut tergolong sedikit, karena pertumbuhan yang lambat dan tidak seimbangnya populasi badak betina dan jantan. ** Baca juga: Wow, Banten Dapat Bantuan Hujan Buatan

 

“Idealnya jumlah badak jantan dan betina satu berbanding empat. Jumlah sekarang seluruhnya ada 60 ekor, 33 jantan sedangkan betina ada 27 ekor. Dari sekian banyak ada beberapa masih berusia muda atau masih anak, dan yang masih bersama induknya lima ekor,” katanya.(tmn)

Print Friendly, PDF & Email