oleh

2000 Warga Urban Diprediksi Eksodus ke Tangsel

Wajah baru pada arus balik mudik di Terminal Pondok Cabe.(foto:yud)

Kabar6-Arus urbanisasi penduduk pascalebaran di berbagai daerah terjadi secara masif serta sulit dibendung‎. Di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) lonjakan warga pendatang setiap tahunnya tercatat mengalami kenaikan sekitar 10 persen.

“Data setiap tahunnya pascalebaran naik kira-kira 10 persen atau sebanyak 2000 warga pendatang,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, Toto Sudarto, Jum’at (30/6/2017).

Ia memperkirakan statistik penambahan warga urban tahun ini tidak berbeda dengan sebelumnya. Maka untuk memastikan lagi segera dihimpun pendataan‎ ke tingkat 54 kelurahan se-Kota Tangsel.

Metode pendataan, terang Toto, dengan menyebar petugas gabungan ke titik lokasi hunian. Petugas gabungan yang menggelar Operasi Yustisi Kependudukan‎ (OYK) memeriksa kelengkapan dokumen administrasi kependudukan  setiap warga.

“Sehingga kita mengetahui kenaikan jumlah penduduk Tangsel pascalebaran tahun ini,” terangnya.

Melalui program OYK diharapkan sistem administrasi kependudukan semua warga negara dapat tertib. Toto menginstruksikan kepada warga urban yang ingin menetap bisa segera mengurus rekomendasi surat‎ pindah.

“Kalau yang hanya ingin menetap sementara lapor segera ke RT dan RW setempat. Biar jelas tercatat identitas dan asal usulnya,” tambah Toto.(yud)

Berita Terbaru