oleh

20 Persen Lulusan SMA, Kualitas SDM Anggota DPRD Kota Serang Diupgrade

Kabar6-Anggota DPRD Kota Serang yang baru dilantik akan mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas pada Oktober mendatang.

Peningkatan (upgrade) sumber daya manusia anggota parlemen ini dilakukan mengingat sekitar 20 persen hanya lulusan SMA, selebihnya Diploma, Strata 1 dan Strata 2.

“Nanti ada pelatihan untuk anggota sesuai dengan keinginan pak wali dalam kaitan peningkatan kualitas SDM,” ujar Sekwan Kota Serang Moch Ma’mun Chudari, kepada Kabar6.com, Kamis (19/9/2019).

Rencananya, kata Ma’mun, Pemkot Serang akan mengadakan pelatihan kaitan dalam peningkatan kualitas SDM dewan baru.

“Pelatihan yang akan diberikan kepada anggota DPRD Kota Serang yang baru tersebut, yaitu orientasi dan pendalaman tugas bagi pimpinan dan anggota DPRD.”

Ma’mun mengatakan hal itu sesuai Permendagri 133 tahun 2017 tentang orientasi dan pendalaman tugas bagi anggota dprd prov dan anggota DPRD Kabupaten/kota yaitu orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian Anggota DPRD dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah dalam kerangka NKRI.

Mengenai tempatnya sendiri, kata Ma’mun, diatur oleh BPSDM Prov Banten mengenai tanggal, tempat dan pelaksanakannya.**Baca juga: 13 Anggota DPRD Kota Serang Hanya Mengantongi Ijazah SMA.

Kata dia, seluruh anggota DPRD memiliki kewajiban mengikuti orientasi ini dilakukan satu kali pada awal masa jabatan setelah pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD.

“Kita masih terus kordinasi dengan BPSDM untuk pelaksanaannya, diharapkan di bulan oktober ini dapat terlaksana, semoga,” katanya.(Den)

Berita Terbaru