oleh

2 Bocah Ini Sukses Terbangkan Mainan Astronot 3 Kali Lebih Tinggi dari Pesawat Terbang

Kabar6-Apa yang dilakukan Oscar (9) dan Layla (7) ini sungguh luar biasa untuk anak seusianya. Bagaimana tidak, kakak beradik yang tinggal di Sheffield, Inggris, ini berhasil menerbangkan mainan astronot ke luar angkasa.

Hebatnya lagi, seperti dilansir mirror.co.uk, mainan itu bisa mencapai ketinggian 37.800 meter atau tiga kali dari ketinggian pesawat udara. Mereka menggunakan sebuah Blox Spaceman atau Wilko Block dan balon udara khusus untuk menerbangkan mainan tadi.

Selama dua setengah jam, mainan itu melakukan perjalanan hingga ke tepi luar angkasa, lalu kembali lagi ke Bumi. Oscar dan Layla mendapat bantuan dari petugas ahli dari perusahaan aeronotika, SentintoSpace, yang berbasis di Sheffield. Maklum, keduanya masih tergolong bocah. Kakak beradik itu dengan cermat menghitung isi hidrogen ke dalam balon udara untuk mencapai ketinggian lebih dari 37 kilometer.

Balon itu mengembang hingga seukuran bus tingkat, dan kemudian meletus pada puncak ketinggian dan mengirim mainan ke luar angkasa. Sebuah kamera yang dipasang pada mainan itu merekam perjalanan ke angkasa dan kembali lagi ke Bumi.

“Kami senang membuat acara Natal yang lebih spesial bagi keluarga di seluruh negeri dan memberikan tambahan jarak bagi keluarga yang menyukai luar angkasa ini,” kata Karen Jefferys, Senior Toy Buyer untuk toko mainan Wilko.

Ditambahkan, mengatur sebuah penerbangan luar angkasa dari sebuah rumah bukan hanya berarti prestasi, tapi mereka mengatur hingga misi ini selesai dengan bantuan Oscar dan Layla.

Oscar dan Layla secara teratur melakukan percobaan ilmiah di rumah bersama kedua orangtua mereka. “Anak-anak sangat tertarik dengan sains dan luar angkasa,” kata Kara, ibunda Oscar dan Layla. Menurut Kara, mereka telah melakukan banyak percobaan dan aktivitas sains di rumah sebelumny, seperti membekukan benda dengan es kering atau bola melayang.

Namun, mereka tidak pernah bermimpi bisa mengirimkan mainan mereka ke angkasa luar. Kara dan suaminya merahasiakan percobaan itu dari Oscar dan Layla sebagai kejutan.

Mereka sangat senang ketika tahu tentang misi luar angkasa mereka sendiri. “Oscar senang dengan cerita Tim Peake jadi ia merasa tergetar punya kesempatan untuk mereka ulang penerbangan ke luar angkasa,” ujar Kara. ** Baca juga: 2 Nelayan Tiongkok Tangkap ‘Ikan Setan’

Anak-anak yang hebat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru