oleh

15 UMKM Dilatih Tekhnologi di Puspiptek Serpong

Kabar6-Pembekalan ilmu terhadap pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) terus digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Hari ini, setidaknya ada 15 pelaku UMKM yang akan dilatih diĀ  Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Intinya untuk meningkatkan sistem inovasi daerah. Untuk sekarang meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Biar Banten punya daya saing produk daerahnya,” kata Ali Fadillah, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Banten, Rabu (05/11/2014).

Dijelaskan Ali, pelaku UMKM diberangkatkan agar mereka mendapatkan ilmu dan penerapan tekhnologi tepat guna untuk pengembangan dan inovasi hasil terhadap produknya.

Sejumlah produk hasil karya pelaku UMKM tersebut diantaranya, gula aren bubuk, madu, kain tenun baduy, emping dari singkong, hingga sate bandeng.

“Gula aren yang bentuknya bubuk akan dikembangkan lagi biar pengeringannya ga cuma lewat penjemuran matahari. Dikembangkan juga gimana cara nya biar sate bandeng itu ga cepet basi, biar bertahan bisa 1 bulan,” jelasnya.

Selain makanan dan pakaian, pelaku UMKM untuk pupuk alami pun di ikut sertakan dalam pelatihan di Puspitek tersebut. Salah satunya pembuat pupuk kompos dari kotoran kambing. **Baca juga: Bermain sambil Belajar di WOW Citra Raya Tangerang.

“Kotoran kambing dibawa ke puspitek biar bisa di ancurin jadi bubuk dan jadi media bagi tanaman,” kata Toton, pelaku UMKM asal Kampung Domba, Kabupaten Pandeglang.(tmn/din)

Berita Terbaru