oleh

14 Negara yang Punya Peraturan Unik dan Lucu

ilustrasi bbsKabar6-Peraturan dibuat tentu saja untuk mengatur segala sesuatu agar suatu suatu wilayah atau negara menjadi aman dan tertib. Dan tentu saja setiap peraturan di berbagai belahan dunia ini berbeda satu sama lain.

 

Meskipun bersikap tegas dan mengandung sanksi hukum, ada peraturan yang justru agak nyeleneh dari beberapa negara di dunia. Penasaran? Yuk simak hal-hal unik dan lucu itu:

1. Di Thailand, penduduk dilarang keluar rumah tanpa mengenakan celana dalam

 

2. Untuk mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas, di Filipina (Kota Manila) menetapkan peraturan bahwa kendaraan bernomor akhir 1 atau 2 tidak diizinkan beroperasi pada Senin. Untuk angka 3 dan 4 tidak boleh pada Selasa, 5 dan 6 tidak boleh pada Rabu, 7 dan 8 tidak boleh pada Kamis, 9 dan 0 tidak boleh pada Jumat. Peraturan ini berlaku sejak pukul 07.00 pagi setiap hari.

 

3. pemerintah Swiss melarang warganya berkebun pada hari minggu, karena dianggap membuat keributan alias berisik. Meskipun warga Swiss dilarang menjual, membeli, menyelundupkan, dan memproduksi minuman beralkohol, tapi mereka diizinkan untuk mengkonsumsi barang-barang tersebut.

 

4. Di Swedia, untuk mengecat rumah, penduduk harus mendapat izin dari pemerintah, dan harus menggunakan cat yang sudah mendapat sertifikat atau izin dari pemerintah.

 

5. Di Korea Selatan, para polisi wajib melaporkan jumlah uang suap yang mereka terima dari para pengendara yang mereka tilang.

 

6. Pemerintah Singapura melarang warganya menjual permen karet dan berjalan tanpa busana. jika Anda tidak menyiram kloset setelah buang air, dapat dikenakan denda. Dan apabila tertangkap basah meludah sebanyak 3 kali, Anda diwajibkan membersihkan jalan pada hari Minggu dengan menenteng tulisan di dada “I am a Litterer” (saya seorang peludah). Warga juga dilarang buang air kecil dalam lift/elevator.

 

7. Pemerintah Inggris melarang warganya menjual sayuran pada hari minggu, kecuali wortel. Kaum hawa juga dilarang makan coklat di tempat umum. Dan mengambil barang yang dibuang, dapat diancam hukuman pidana terorisme.

 

8. Para perempuan yang bekerja pada kantor pemerintahan di Meksiko dilarang mengenakan rok mini atau pakaian yang dapat memprovokasi rekan kerja selama jam kerja. Di sana pun berlaku peraturan dilarang memaki di tempat umum.

 

9. Di Italia, pria yang mengenakan rok mini di tempat umum dapat dikenakan hukuman kurungan. Lantas memukul orang dengan kepalan tangan diancam hukum pidana penganiayaan. Sebaliknya, menghajar orang dengan meja dan kursi dapat dianggap membela diri.

 

10. Pemerintah Australia melarang anak-anak berusia di atas 18 tahun (di bawah 21) untuk membeli rokok, tapi diizinkan merokok. Termasuk melarang mengangkat telepon pada deringan pertama. Di sana, hanya petugas listrik berizin yang boleh mengganti lampu rumah. Dan pada hari Minggu warga dilarang mengenakan celana hot pink.

 

11. Di Yunani, warga dilarang mengenakan topi dalam stadium olahraga, karena dapat mengganggu pandangan orang lain.

 

12. Di Tiongkok, hanya anak cerdas yang boleh kuliah, yang harus bisa dibuktikan dengan ijazah ujian negara yang diterimanya.

 

13. Pemerintah Kanada melarang warganya  mencopot plester luka di tempat umum, menyirami tananam kebun saat sedang hujan, dilarang pipis di semua tempat di Kanada kecuali toilet rumah sendiri, dan dilarang memanjat pohon.

 

14. Di Perancis, pemerintah melarang warganya berciuman di kereta bawah tanah, dan melarang memberi nama babi peliharaan dengan sebutan Napoleon.

 

15. Pemerintah Israel melarang warganya memelihara babi di tanah Israel. Jika hal itu dilanggar, akan mendapat kukuman ditembak mati. Di sana juga yang melarang  mengupil pada hari Sabat (Sabtu/Minggu). Termasuk larangan naik sepeda, kecuali mempunyai izin mengendarai sepeda. **Baca juga: Yuk Belajar Membaca Pikiran.

 

Kalau di Indonesia, peraturan apa sih yang menurut Anda unik dan lucu?(bbs)

Berita Terbaru