oleh

120 PNS Tangsel Pensiun Sepanjang Tahun 2012

Kabar6–Sebanyak 43 PNS (Pegawai Negri Sipil) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) segera memasuki masa pensiun hingga akhir tahun 2012 ini.

Puluhan PNS tersebut akan menambah jumlah 77 PNS Tangsel yang sudah terlebih dahulu memasuki masa pensiun sejak awal Januari 2012 lalu.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel Ahmad Firdaus mengatakan, pihaknya sedang menyusun pengajuan pengisian PNS di lingkup Pemkot Tangsel. Pasalnya, banyak PNS di sana yang akan menjalani masa pensiun.

“Sejak Januari sampai Desember nanti, kemungkinan ada 120 PNS yang pensiun. Makanya kami butuh sekali pengisian PNS baru. Untuk itu, kami sedang mengupayakan agar pegawai TKK (Tenaga Kerja Kontrak) golongan 1 dan golongan 2 di Tangsel bisa diangkat pasca moratorium habis akhir tahun nanti,” jelasnya, Selasa (2/10/2012).

Melihat banyaknya PNS yang pensiun tersebut, Firdaus mengaku telah mengajukan sebanyak 1.215 formasi PNS kepada Badan Kepegawaiaan Nasional (BKN) dan kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Nagera (Kemenpan).

“Harapan kami, ada formasi yang disiapkan untuk Tangsel karena faktor kebutuhan mendesak tersebut,” imbuhnya.

Masih kata Firdaus, sebagai daerah otonom baru, saat ini Kota Tangsel baru memiliki sedikitnya 5.340 pegawai, yang terdiri dari 1.450-an pegawai berstarus PNS, sedangkan sisanya terdiri dari TKK golongan 1, dan 2, serta ratusan pegawai yang berstatus tenaga kerja sukarela (TKS).

“Kalau kebutuhan, jelas kami membutuhkan lebih dari 10.000 pegawai untuk ditempatkan diberbagai dinas, badan, kantor, bagian, bidang sampai pegawai teknis lainnya di sekolah, puskesma, rumah sakit dan lain sebagainya. Masalahnya, kami juga tidak bisa menentukan formasi PNS lantaran diputuskan pusat,” imbuhnya.

Firdaus berharap, usulan yang telah disampaikannya kepada BKN dan Kemenpan bisa jadi pertimbangan pemerintah pusat.

Sehingga, meskipun moratoruium PNS masih berlangsung dan baru akan habis Desember 2012 mendatang, kebutuhan PNS yang diharapkan Pemkot Tangsel bisa diprioritaskan.(Iqmar)

Berita Terbaru