oleh

10 Pintu Elektronik Dipasang di Bandara Soekarno-Hatta

Kabar6-Pintu perlintasan elektronik atau Autogate pada tiga bandara dan pelabuhan di Indonesia ditambah. Langkah ini untuk menekan modus operandi tindak kejahatan penumpang domestik maupun asing yang semakin canggih.

Ketiga lokasi penambahan autogate yakni di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang; Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali; dan Pelabuhan Batam.

“Ini langsung dicek dan ini lebih optimal lagi karena menggunakan biometrik,” kata Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Silmy Karim di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (26/1/2023).

**Baca Juga: Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Uji Coba Autogate

Menurutnya, lewat autogate dapat mendeteksi segala tindak kejahatan bisa kejahatan. Zaman yang semakin canggih dan kejahatan semakin kreatif rawan dilakukan penjahat.

Hilmi menerangkan, autogate terbaru ini, lebih cepat, dari sisi pengecekan keamanan juga lebih baik karena ada ‘face recognition’.

Dari sisi pengecekan kaitan keamanan apakah ada catatan kriminal, masuk daftar cekal dan juga hal-hal lain langsung dapat terdeteksi.

“Di sini baru ada 5 autogate untuk keberangkatan dan 5 untuk kedatangan, jadi total 10. Ini lebih canggih dari yang sebelumnya di Terminal 3,” terang Silmy..

Kedepan pihak Imigrasi akan melakukan perbaikan dan update untuk autogate di Terminal 3 dan juga di Bandara Ngurah Rai serta Pelabuhan Batam.

“Sementara yang kita utamakan adalah di Bandara Soekarno Hatta dan Ngurah Rai, kemudian yang sudah juga akan masuk itu di Batam yang perlintasan melalui laut,” jelas Silmy.(yud)

 

Print Friendly, PDF & Email